Karburator adalah tempat mengabutkan campuran bensin dan udara agar dibakar dalam ruang bakar. Karburator berfungsi mencampur dan mengatur campuran antara bensin dan udara agar mencapai campuran yang sesuai untuk pembakaran mesin.Karburator berperan penting terhadap semua mesin motor dan mobil
Sering kali kendaraan sepeda motor kita mengalami gangguan terhadap karburator,terutapa pada bahn bakar (bensi)
Pemakaian bahan bakar berlebihat dapat menguras kantong kita, apalagi para pelajar yang menggunakan kendaraan pribadi, bagaimana cara membuat karburator mesin kita tidak boros (Hemat).
Berikut cara penyetelan karburator menjadi hemat :
- Putar Pilot Screw (stelan langsam) searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira2 3000RPM.
- Putar Air Screw (Stelan Angin) ke kanan (searah jarum jam) hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah)
- Putar kembali Air Screw ke kiri (berlawanan dengan jarum jam) kurang lebih 1,5 – 2 putaran
- Cari di antara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi
- Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar pilot Screw ke kiri hingga di dapat RPM 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah di mana putaran mesin tidak terjadi pincang-pincang.
- Selesai
0 comments: