- batang karbon sebagai anode (kutub positif baterai)
- seng (Zn) sebagai katode (kutub negatif baterai)
- pasta sebagai elektrolit (penghantar)
Aki bisa saja rusak dikarenakan faktor-faktor tertentu.
Aki mobil Anda mengalami kehabisan strum? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal seperti ini terjadi. Bisa karena masalah internal di dalam aki, tapi juga bisa juga karena masalah external dari komponen mobil itu sendiri.
Hal yang patut di perhatikan pertama kali adalah bagian air aki. Memang, aki yang kerap bermasalah adalah jenis aki basah. Aki ini gampang rewel jika perawatannya kurang baik, salah satunya adalah karena pengontrolan air akinya yang kurang teratur.
Untuk mengeceknya, bisa langsung dilihat pada indikator strum yang sudah tertera pada aki. Biasanya, pada aki-aki tertentu sudah disediakan indikator khusus dengan pilihan warna yang bisa berubah sesuai kondisi aki. Kalau Anda memakai yang bukan seperti ini, berarti Anda harus jeli untuk mengecek kondisinya setiap periode waktu tertentu.
Bahaya dari kekurangan air aki ini mengarah pada kerusakan komponen di dalamnya. Kalau sudah parah, komponen berupa sel-sel di dalam aki rentan membuatnya melengkung dan tidak sejajar (tidak tegak lurus lagi). Lengkungan sel ini juga yang menyebabkan plat positf dan negatif bersentuhan dan akhirnya muncullah hubungan arus pendek di dalam aki.
Sumber : Otosia.com,Mdk
0 comments: